Senam Akrobatik atau Acrobatic Gymnastics

Senam akrobatik atau Acrobatic Gymnastics (awalnya disebutkan olahraga akrobatik ) ialah disiplin senam bersaing dimana kemitraan pesenam kerja bersama-sama dan lakukan beberapa tokoh yang terbagi dalam pergerakan akrobatik, menari serta jatuh, mengendalikan musik.

Baca Juga senam akrobatik


Ada tiga type kegiatan rutin; kegiatan rutin ‘keseimbangan’ dimana fokusnya ialah pada kemampuan, ketenangan serta elastisitas; kegiatan rutin ‘dinamis’ yang mencakup lemparan, jungkir-balik serta tangkapan, serta (pada gambar level 6 ke atas) satu kegiatan rutin ‘gabungan’ yang meliputi beberapa unsur dari kesetimbangan serta dinamis.

Senam Akrobatik ini ditata oleh International Federation of Gymnastics (FIG) yang disebut induk organisasi olahraga senam Internasional.

Pada tingkat internasional, ada empat kelompok persaingan yang dipastikan berdasar umur; 11–16, 12–18, 13–19, serta 15+ (Senior).

Pesenam akrobatik tampil berpasangan atau berkelompok serta masuk ke serta dipandang di tingkat khusus atau kelompok barisan umur.

Dalam tiap kemitraan, ukuran serta potensi pesenam yang berlainan akan imbang untuk sama-sama lengkapi untuk lakukan pergerakan yang kompleks.

Sejumlah besar akan lakukan peranan simpatisan serta melempar, serta diketahui jadi basis. Mereka selanjutnya disertai dengan pesenam kecil sebagai ‘puncak’. Beberapa kemitraan yang kelihatan dalam kompetisi ialah:

· Pasangan wanita (dua wanita)
· Pasangan pria (dua pria)
· Pasangan kombinasi (basis pria serta wanita)
· Barisan wanita (tiga wanita)
· Barisan lelaki (empat lelaki)

Dalam kompetisi, kemitraan lakukan kegiatan rutin pada musik, yang umumnya dikoreografi spesial buat mereka.

Pesenam lakukan pergerakan akrobatik mereka serta menyatukannya dengan tarian, semua dalam tempo yang sesuai style musik. Kemitraan dipandang berdasar kesenian, kesusahan ketrampilan, serta penerapan ketrampilan.

Ketentuan untuk olahraga, yang diketahui jadi Code Point , ditata oleh Fédération Internationale de Gymnastique . Beberapa aturan ini bisa beralih tiap empat tahun sesuai siklus Olimpiade, seperti dalam latihan senam yang lain.

Persaingan Senam Akrobatik

Senam Akrobatik ialah sisi dari Laga Dunia. Acara senam akrobatik seringkali menarik publik yang lumayan besar, sebab mereka benar-benar menghibur, menyenangkan, serta mencekam sebab apa yang kelihatan jadi pergerakan yang beresiko atau berani.

Pada Olimpiade London 2012, kemitraan akrobatik tampil terlihat sebelum acara senam Olimpiade, serta sepanjang upacara pembukaan serta penutupan. Disebutkan jika kehadirannya, walau bukan disiplin Olimpiade ialah bukti kekuatannya untuk menghibur.

Medali emas, perak, serta perunggu biasanya diberi dengan biasa; walau dalam beberapa persaingan, score minimal dibutuhkan untuk memperoleh medali.

Scoring Senam Akrobatik

Persaingan senam akrobatik dipandang lewat scoring poin s/d 30,00 poin, setiap 10,00 poin dipastikan dari nilai semasing kelompok seperti berikut:

  • Elemen artistik yang menilai kapasitas akrobat dalam soal koreografi, keragaman, serta potensi untuk tampil di musik.
  • Elemen eksekusi yang menilai pemotongan yang dikerjakan oleh beberapa pemain akrobat saat lakukan ketrampilan individu serta partner dari kegiatan rutin (contohnya, kaki bengkok atau jari-jari kaki tidak terpakai) serta Elemen kesusahan yang disebut score ekuivalen keseluruhnya berdasar tingkat kesusahan serta jumlahnya ketrampilan (score kesusahan dipastikan oleh nilai yang didistribusikan untuk ketrampilan sesuai Code Point ).


Dalam barisan lanjut usia, kelompok di atas bisa bawa biaya kesusahan semakin besar dari 10, yang bermakna jika score di atas 30 bukan tidak biasa.

Berikut Tehnik Fundamen Senam Akrobatik yang Butuh Didapati!

Senam akrobatik salah satu type senam yang mempunyai faktor keindahan dalam gerakannya. Akrobatik sendiri datang dari kata Yunani yaitu ἀκροβατέω akrobateō, yang berarti “berjalan berjinjit, menopang”.

Pergerakan dalam senam akrobatik memang penuh dengan faktor kesetimbangan hingga tampilkan pergerakan yang benar-benar indah.

Untuk lebih gampang memahaminya, di bawah ini ialah beberapa tehnik fundamen senam akrobatik:

1. Ayunan

Dalam senam akrobatik, banyak dipakai tehnik ayunan yang demikian indah. Ayunan ialah pergerakan berupa lingkaran yang porosnya ada di luar ruang statis olahragawan senam. Ayunan dipastikan oleh sebegitu besar tenaga oleh penebaran berat tubuh di seputar kutub ayunan.

2. Putaran

Tehnik fundamen senam akrobatik setelah itu putaran. Putaran ialah pergerakan melingkar namun porosnya internal.

Pergerakan putaran dalam senam akrobatik dibedakan sesuai type porosnya, yaitu kutub transversal, longitudinal, serta medial.

Makin jauh style putaran dari porosnya, karena itu makin lemah style putaran yang dibuat. Putaran adalah satu diantara tehnik fundamen yang seringkali dipakai.

3. Pendaratan

Tehnik pendaratan ialah tehnik yang dipakai saat berhenti dari pergerakan awalnya. Pendaratan dikerjakan dengan memakai ke-2 kaki, tangan, atau anggota badan yang lain.

Ada dua hal penting yang butuh dilihat dalam lakukan pendaratan. Pertama, pendaratan harus dikerjakan dengan momen dimana waktu diserap sepanjang kemungkinan.

Serta ke-2, momen pendaratan harus juga diserap dengan memakai anggota badan yang menguasai dipakai waktu pendaratan.

4. Statis

Tehnik fundamen yang lain dalam senam akrobatik ialah tehnik tempat statis. Tempat statis dikerjakan dengan diam diri supaya kesetimbangan badan masih terbangun.

Tempat statis dapat dikerjakan dengan menggantung atau bertopang. Dalam lakukan tehnik ini, ada banyak hal yang perlu dilihat misalnya:

· Titik berat badan dengan sandaran harus dalam jarak sedekat kemungkinan
· Ukuran fundamen sandaran harus lumayan besar supaya makin imbang
· Titik pusat badan harus ada pas di pusat fundamen sandaran

5. Tolakan

Tehnik tolakan dikerjakan dengan melemparkan diri ke udara. Tehnik ini umumnya dikerjakan dengan memakai kemampuan kaki, tetapi dibantu dengan ayunan tangan serta badan ke udara.

Tehnik tolakan akan diteruskan dengan tehnik pendaratan. Tehnik ini seringkali digabungkan dengan pergerakan lain seperti berputar-putar.

Itu beberapa tehnik fundamen senam akrobatik. Senam akrobatik memerlukan latihan yang ketat sekali serta teratur untuk membuahkan pergerakan indah yang prima. Walau cukup susah, tetapi senam ini masih disukai sampai saat ini.

Demikian Sahabat Olahraga, info tentang senam akrobatik. Mudah-mudahan berguna.

Komentar

Postingan Populer